Budaya Keselamatan Pasien, Puskesmas Sabbang Re Akreditasi Dari Tim Surveior Kemenkes RI

Luwu Utara l Rakyatsulawesi.com – Tim surveior Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) lakukan survei Re-Akreditasi terhadap Puskesmas Sabbang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel). Survei tersebut dilakukan mulai Hari Senin, 9 hingga 11 September 2019.

Sekadar informasi di Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang ada tiga Puskesmas di Re-Akreditasi yakni, Puskesmas Sabbang, Baebunta dan Puskesmas Sukamaju.

Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan,Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama memberi tugas dengan nomor 440.3.1/07495/Diskes tanggal 12 Agustus 2019, kepada Husen, SKM. M.Kes bidang UKM sebagai Ketua Surveior dari Konawe, dr. Aksan Mustari bidang UKP sebagai anggota dari Kota Palu, dan Syahid Romdlan,S.Kep, Ns sebagai admen dari Lombok Timur untuk Surveior di Puskesmas Sabbang.

Hadir dalam pembukaan dan penyambutan tim Re-Akreditasi, Kepala pemerintahan Kecamatan, Kepala pemerintahan Kelurahan Marobo, beberapa Kepala Desa dan tokoh masyarakat serta para bidan Desa dan Kelurahan.

  Terungkap, Kelakuan Paman Setubuhi Ponakan Selama 3 Tahun Berakhir!

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra, dr. H.Andi Muh Nasrum, M.Kes dalam sambutannya, Senin(9/9/2019) mengatakan, survey Re-Akreditasi ini merupakan lanjutan dari survei akreditasi yang telah dilaksanakan tahun 2016 yang lalu. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan mutu layanan dan perbaikan sistem yang telah dilakukan sebagai tindak lanjut temuan akreditasi di tahun 2016.

“Pada tahun 2016 yang lalu Puskesmas Sabbang mendapatkan akreditasi dasar dari Kemenkes RI, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi FKTP, Puskesmas yang sudah berproses akreditasi di tahun 2016 sedang persiapan untuk proses Re-Akreditasi di tahun 2019,” ucap Kadis Kesehatan Lutra.

Lebih lanjut Kadis Kesehatan menjelaskan, sesuai amanat Permenkes 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter dan tempat praktik mandiri dokter gigi yang mewajibkan akreditasi setiap tiga tahun untuk puskesmas dan klinik pratama dan akreditasi setiap lima tahun untuk tempat praktik mandiri dokter dan tempat praktik mandiri dokter gigi.

  Dandim 1407 Bone Tinjau Lokasi TMMD di Desa Laponrong

Sebelumnya, Seksi Akreditasi Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra telah melakukan pendampingan re-akreditasi FKTP/Puskesmas yang bertujuan untuk membantu puskesmas maupun klinik mempersiapkan akreditasi maupun re-akreditasi guna mendapatkan perolehan hasil yang maksimal dengan penerapan budaya mutu keselamatan pasien dan budaya perbaikan terus menerus.

“Bentuk kegiatan pendampingan akreditasi maupun re-akreditasi diantaranya bimbingan penyusunan dokumen akreditasi sesuai instrumen akreditasi di masing-masing pokja,” jelas Kadis Kesehatan.

Andi Muh Nasrum menambahkan, akreditasi ini bukan sekedar menjadi siklus gebyar rutin tiap tiga tahunan tapi agar, puskesmas juga memliki budaya perbaikan terus menerus dan budaya keselamatan pasien seperti yang diajarkan di instrumen akreditasi FKTP.

“Kita berharap dengan persiapan dan pendampingan yang telah dilakukan Puskesmas Sabbang, Baebunta dan Sukamaju bisa mendapatkan nilai yang lebih baik,” tukas Kadis Kesehatan Lutra.

Laporan (Rakyatsulawesi.com)

Rakyat Sulawesi Sri Mulyani Pamer Inflasi Indonesia Terbaik di Antara Negara G20 dan ASEAN
Menteri Keuangan: Inflasi Indonesia Terbaik di Antara Negara G20 dan ASEAN
APBN Surplus Berlanjut, per Agustus 2023 Nilainya Capai Segini
Bom Asap Membubung ke Langit, Massa Buruh Ikut Gabung FPI dkk Gelar Aksi Bela Rempang di Jakarta
Massa Buruh, FPI dan Berbagai Ormas Turut Ramaikan Aksi Bela Rempang di Jakarta
PA 212 Bocorkan Obrolan dengan Prabowo: Minta Didukung Diam-Diam dan Janjikan Kekuasaan
PA 212 Bocorkan Obrolan dengan Prabowo: Minta Didukung Diam-Diam dan Janjikan Kekuasaan
Keinginan Prabowo Subianto Sebelum Meninggal: Saya Ingin Melihat Tidak Ada Kemiskinan di Republik Indonesia
Satu Harapan Prabowo Sebelum Meninggal: Saya Ingin Melihat Tidak Ada Kemiskinan di Republik Indonesia
Polisi Dikerahkan Door to Door Ketuk Pintu Rumah Warga Rempang
Polisi Dikerahkan untuk Blusukan ke Rumah Warga Rempang
Rakyat Sulawesi
Debut Hotel Andaz di Makau
Rakyat Sulawesi Mantan Relationship Manager BRI Pangkep Jadi Tersangka Kasus Korupsi
Mantan Relationship Manager BRI Pangkep Jadi Tersangka Kasus Korupsi
Rakyat Sulawesi Kolaborasi blu dan Talenta Nusantara Dukung Milenial Melek Finansial
Kolaborasi blu dan Talenta Nusantara Dukung Milenial Melek Finansial
Rakyat Sulawesi Bidik Pertumbuhan Laba Double Digit hingga Akhir 2023, Begini Strategi BSI
Bidik Pertumbuhan Laba Double Digit hingga Akhir 2023, Begini Strategi BSI