Search
Close this search box.

Wajo l Rakyat Sulawesi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI melalui Direktorat Jendral Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi di Wakili Kepala Biro organisasi dan Tata laksana Bambang Utoro,S.H.,M.M., M. Env. Stud, meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Bulu Siwa Kecamatan Pitumpanua, Kamis (06/03/2019).

Hadir pula Ir. Kasbani M.Sc Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana/Eselon II, sidarto MSc Fungsional Peneliti Utama/Golongan IV kementerian ESDM, Kadis Perkimta Drs.H.Nasir, M.M, Camat Pitumpanua A.Mamu,S.STP dan Kepala Desa Bulu Siwa Amirullah Husain, Tokoh Masyarakat Elfrianto,ST

Dalam sambutan Wakil Bupati Wajo Amran S.E menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementerian ESDM yang telah memberikan bantuan penerangan jalan umum tenaga Surya sebanyak 363 buah oleh Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris selaku wakil rakyat kabupaten Wajo d DPR RI.

JPU TS memberi manfaat potensi energi matahari yang diubah menjadi listrik melalui proses yang rama lingkungan karena tidak menghasilkan polusi. Lampu yang digunakan adalah jenis LED, sehingga lebih hemat energi dan memiliki masa pakai yang panjang. saya berharap semoga ke depan Wajo selalu mendapat bantuan program pusat yang dapat memberi manfaat langsung kepada masyarakat Wajo, diakhir sambutannya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Meneral RI dalam sambutan mengatakan ESDM hadir kembali di Kabupaten Wajo setiap APBN itu separuh lebih dibelanjakan untuk kepentingan rakyat di antaranya masyarakat kabupaten Wajo.

Energi hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satu energi terbarukan yaitu pemasangan penerangan jalan umum tenaga Surya (PJU -TS).

Sangat cocok di tempat tempat yang tidak terjakau oleh PLN, seperti di Kecamatan Pitumpanua ini Desa Bulu Siwa, ini merupakan inisiasi ibu Andi Yuliani Paris.

Kami menyampaikan kepada Pemprov Pemkab ini apresiasi yang setinggi tingginya semoga ini bisa membantu meningkatkan aktivitas dan kesejahteraan masyarakat Wajo,

Sarana prasarana yang telah dibangun diharapkan agar dipelihara supaya tahan lama dipakai kedepan.

Komisi DPR RI VII Andi Yuliani Paris dalam Sambutannya mengatakan fungsi DPR yaitu penganggaran, pengawasan, pembuat UU, PJU TS 367 tiang, satu tiang harganya 20juta, sumur bor dalam harganya 200 s.d 500 juta harganya persumur sampai 3000jiwa dapat menggunakan.

DiAkotengeng komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris ada 40 rumah dipasang LTSHE harga perrumah 3jt rupiah dapat membantu masyarakat setempat.

Ada masa berlaku batteray alat PJU TS sehingga bisa dipelihara dengan menggunakan dana desa sehingga awet digunakan masyarakat.
Jadi pemimpin itu harus Amanah, Jujur, jangan memanfaatkan bantuan negara untuk sendiri. Tari ada taru gau mengakhiri sambutannya”.

| Sumber: Humas Pemkab Wajo.
Laporan : A Syafri

Berita Terkait Lainnya

Exit mobile version
Skip to content